Rabu, 24 November 2010

Tombak Jantung Hatiku ( Kata-Kata Bijak)

" Izinkan aku berdo'a bukan agar terhindar dari bahaya,melainkan agar aku tiada takut menghadapinya.Izinkan aku memohon bukan gar penderitaanku hilang,melainkan agar hatiku teguh menghadapinya.Izinkan aku tidak mencari sekutu dalam medan perjuangan hidupku melainkan memperoleh kekuatanku sendiri.Izinkan aku tidak mengidamkan dalam ketakutan dan kegelisahan untuk diselamatkan,melainkan harapan akan kesabaran untuk kebebasanku."

"Ya ALLAHU Ya Rabb... berkati aku sehingga aku tidak menjadi pengecut dengan merasakan kemurahan-MU dalam keberhasilanku semata,melainkan biarkan aku menemukan Genggaman Tangan-MU dalam kegagalanku."

"ku tidak takut maling masuk ke rumah dan mencuri harta bendaku,namun aku takut syaithon memasuki Hati dan mencuri Iman Dan Tauhidku." (Kalam Sahal).

" Harapan adalah sesuatu yang dibarengi dengan usaha,kalau tidak demikian, ia hanya sebuah angan-angan belaka." (Hikam Ibn Atha'ilalah As-Sakandari).

" Orang yang paling bahagia adalah seorang yang memiliki hati yang penuh ilmu,badan yang yang sabar dan sifat Qana'ah apa adanya."

" Jika kamu melakukan Keta'atan,maka lihatlah awalnya, sehingga kamu akan melihat bahwa amalmu adalah berkat Kekuasaan,Kekuatan dan Taufiq Dari ALLAH Subhaanahu Wa Ta'aala. Dan jangan melihat akhirnya, sebab kamu akan melihat bahwa dirimu banyak pahala dan berada dalam kedudukan yang baik.(Itu hanya akan membuatmu bangga dan takabbur).
Sebaliknya jika kamu melakukan kemaksiatan,maka lihatlah akhirnya, sehingga kamu akan melihat bahwa dirimu penuh dengan dosa dan akan di 'Azab dengan 'Azab yang pedih,sehingga kamu akan bersegera kepada taubat. Dan jangan melihat awalnya, sebab nanti kamu akan bilang bahwa kemaksiatanmu terjadi karena takdir ALLAH Ta'aala,sehingga kamu terus mencari-cari alasan perkataan yang seperti itu lebih besar dosanya daripada kemaksiatan itu sendiri."

" Orang yang berprasangka bahwa ada pelindung yang lebih utama Dari ALLAH, Maka ia kurang pengetahuan Terhadap ALLAH,Dan orang yang berprasangka bahwa ada musuh yang lebih hebat dari hawa nafsunya, berarti ia kurang pengetahuan terhadap dirinya."

" Cintamu kepada kekasih (pacarmu) merendahkanmu, tapi Cinta-NYA kepadamu memanjakanmu....."

" Buah dari keta'atan untuk sebenarnya adalah (..................???) merasa hina dan tak berdaya Di Hadapan ALLAH. Sedangkan buah dari kemaksiatan adalah Hati yang mengeras dan angkuh...."

" Imam Al-Fudhail Bin Iyadh Rahimahullah berkata : " Meninggalkan amalan karena manusia adalah Riya'. Sedangkan beramal karena manusia adalah Kesyirikan. Adapun yang namanya Ikhlash adalah ketika ALLAH menyelamatkanmu dari keduanya."

" Di penghujung zaman ini, Anda jangan coba-coba melarang orang menuruti hawa nafsunya.........nanti anda akan dikatakan munafik."

" Do'a-do'amu Kepada ALLAH sama sekali tidak menjadi sebab terpenuhinya permintaanmu, Cukuplah Do'a-do'amu itu menjadi bukti kehambaanmu Kepada ALLAH Subhaanahu Wa Ta'aala."

" Persahabatan tidak akan lama jika disertai selalu dengan membebani sahabatnya."

" Aku takjub melihat orang-orang yang terus berperilaku buruk Kepada TUHANnya terus diberikan rezeki Oleh TUHANnya dan Takjub melihat orang-orang yang shaleh dibiarkan dalam kefakiran." (Ibnu Hisyam Al-Andalusi).

" Ibnu Siiriin berkata : Seseorang mati dalam keadaan bodoh itu lebih baik baginya daripada dia berkata sesuatu yang tidak dia tahu."

" Orang yang paling bahagia adalah orang yang Hatinya penuh ilmu,badan yang sabar dan Qana'ah apa adanya.Tidaklah orang itu yang disayangi ALLAH Subhaanahu Wa Ta'aala diberi kekayaan, kedudukan, tapi yang disayangi ALLAH Subhaanahu Wa Ta'aala adalah dikaruniakan kepahaman dalam Agama."

" Berapa banyaknya amalan-amalan dunia menjadi amalan-amalan akhirat karena bagusnya niat, dan berapa banyak amalan-amalan akhirat menjadi amalan-amalan dunia karena buruknya niat." (Hadits Riwayat Muslim)

" Musibah yang diterima dengan Ridha akan menjadi Anugerah, anugerah yang diterima dengan hawa nafsu akan menjadi musibah...."

" sesungguhnya di dunia ada sebuah Surga, Siapa yang belum masuk Surga kedalamnya,maka dia tak akan masuk ke dalam surga Akhirat..... Surga Dunia itu adalah mengingat ALLAH Subhaanahu Wa Ta'aala (Dzikir)." (Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah).

" Ikhlash itu tidak senang ketika dipuji dan tidak sedih ketika dicaci."

" Maksiat Hakiki bukan mencuri bukan pula membunuh.Maksiat Hakiki adalah Maksiat Hati kamu takabbur terhadap hamba-hamba ALLAH, Merendahkan makhluk-makhluk ALLAH, Menentang Takdir-takdir ALLAH, Dan Tidak Ridha Dengan Hukum-Hukum ALLAH. Itulah Sebenar-benarnya maksiat Kepada ALLAH. "

" Jangan Anda melangkahkan kaki kecuali untuk sesuatu yang dapat mendatangkan Keridha'an ALLAH, Dan Jangan duduk di Majelis, kecuali yang aman dari murka ALLAH. Jangan bersahabat,kecuali dengan orang yang membantu berbuat Ta'at Kepada ALLAH. Jangan memilih sahabat karib kecuali orang yang menambah Keyakinanmu Terhadap ALLAH!" (Imam Abu Hasan Asy-Syadzili Qaddasallahu sirrahu).

" Siapa yang menunjukkanmu kepada dunia, sungguh ia telah menipumu, Siapa yang menunjukkanmu kepada amal, Sungguh ia telah melelahkanmu. Siapa yang menunjukkanmu Kepada ALLAH, Sungguh ia telah merehatkanmu." (Sidi Abu Madyan Rahimahullah).

" Motif Ketamakan kepada dunia ada tiga :
1. Memandangnya dengan mata kekaguman, darisinilah timbul cinta kekekalan untuk menikmatinya,
2. Mengagungkan orang yang telah memiliki dunia, darisinilah timbul sifat berbangga-bangga dan menumpukkan,
3. Menganggap bahwa kehidupan ini tidak akan berdiri tanpanya, darisinilah timbul sifat kikir dan takut akan miskin."

" Banyak yang bisa Takwa ketika ramai....Sedikit yang bisa Takwa ketika sendiri."

" Kamu menyangka bahwa dirimu adalah orang yang istimewa di sisi ALLAH, Tetapi ALLAH Sama Sekali tidak ada tempat yang istimewa dalam Hatimu..."

" Banyak-banyaklah engkau istighfar, walaupun engkau tidak ada dosa!" (Imam Abu Hasan Asy-Syadzili Qaddasallahu Sirrahu ).

" Kebanyakannya kebaikan selalu berada dalam kepahitan pada permulaan, dan manis padamasa datang, Perumpamaan pelakunya pun seperti orang yang mendaki gunung yang menyulitkan dan tidak mendapatkan kerehatan, sehingga.................(selanjutnya hilang dalam pesan offline di ym).

" Apabila kamu hendak mengingat aib-aib orang lain, Ingatlah aib-aib dirimu sendiri." (HR. Ar-Rafi'i dalam Kitab at-Tadwin Tentang Tarikh Qazwain).

" Nafsu harus dilawan dengan Mujahadah nafs, tidak bisa diusir dengan Ayat-Ayat dan Hadits-Hadits, apalagi hanya tausiah-tausiah belaka.Karena nafs adalah di dalam diri kamu sendiri. Bagaimana mungkin kamu mengusir di dalam diri kamu sendiri?!

Mujahadah itu berusaha sekuat tenaga,kalau mujahadah nafsu berarti berusaha sekuat tenaga 'tuk melawan hawa nafsu. Caranya hanya ada 4 Cara:
1. Qillat Tho'am : Sedikit makan,
2. Qillat Na'um : Sedikit tidur,
3. Qillat Khiltah : Sedikit bergaul,
4 Qillat Kalam : Sedikit bicara.

Segala Anugerah yang sesuai hawa nafsumu,maka itu adalah ujian, dan segala ujian yang menyalahi hawa nafsumu itu adalah Anugerah."

" Niat seorang mukmin lebih baik daripada amalnya.Oleh karena itulah niat yang ikhlash walaupun tidak mampu mengamalkannya lebih baik daripada amal yang diamalkan tetapi tidak ikhlash." (Abu Tahallib Al Makki dalam Kitabnya Quth Al Qulub).


Rangkuman Dari Sahabat Study Di Bumi Kinanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar