Jumat, 19 November 2010

Kisah Pangeran dalam sangkar



Seorang pangeran muda yg sejak kecil penuh dengan kemewahan dan kesenangan, pangeran tersebut disekap dalam sangkar emas bergelimang harta.Di waktu itu ia tidak pernah memikirkan sifat kenyataan dari hidup ini. Akan tetapi pangeran tersebut pergi meninggalkan istana tanpa memberitahu orang tuanya.

Di tengah jalan ia bertemu dengan seorang tua, ompong dan bungkuk punggungnya. Bertanya ia pada kusir, mahkluk apakah itu dan kusirpun menjawab "Ia itu manusia, seseorang yang sudah tua". "Apakah aku akan menjadi seperti itu?" "Ya tuanku, usia tua menimpa semua orang".

Tak lama kemudian ia melihat iring iringan mengantarkan mayat ke kuburan. Pangeran bertanya "Apakah yag diusung dan diantar oleh orang beriring iring itu? Kusir menjawab "Itu orang yang sudah meninggal dan akan dikubur". "Apakah aku akan seperti itu juga?" "Tidak ada seorangpun yang lahir ke dunia ini yang akan terbebas dari kematian".

Orang yang menyadari kebenaran dan tidak mengikatkan diri kepada apapun akan menyadari bahwa segala sesuatu akan mengalami perubahan, dan setelah berubah kita akan kehilangan semuanya dan akan merasakan sentuhan kebahagiaan yang kekal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar